Senin, 30 Desember 2013

Cara Mengganti Batok Suzuki Satria F150

Assalamualikum wr. wb Pagi sobat² semua, kali ini saya mau ngasih tutorial tentang mengganti batok satria f150. Iseng² ganti batok besar baru pakai 2 Bulan, sekarang saya mau ganti lagi batok kecil. Dari perbedaan yang saya cobakan ternyata motor lebih keren pakai batok kecil dan terlihat lebih ramping dibandingkan batok besar yang kelihatan lebih gambot :D Oke langsung saja ke tutorialnya.

Sebelum membongkar Batok lampu satria fu, sebaiknya sobat siapkan perlengkapannya terlebih dahulu.

1.    1 Buah Reflector/Mika Lampu.
2.    1 Buah Batok/Head lamp.
3.    1 Buah Rangka Besi/dudukan Batok kecil.
4.    1 Buah Tutup Speedometer/Cover Speedometer Batok kecil.


*Untuk batok kecil Ori harga kisaran antara -+ Rp. 400.000 1set lengkap.
*Yang dijual di accesioris motor  kisaran -+ Rp. 150.000 lengkap dengan cover speedometer dan tidak termasuk dudukan besi. Untuk harga di accesioris tergantung daerah masing².

Jadi sobat tinggal pilih mau yang Ori atau KW tergantung sobat sendiri. Tapi saya sarankan sobat pakai yang ori karena lebih bagus dan batok lebih tebal pencahayaan lampu lebih terang disbanding yang KW.

Langkah² Pembongkaran:

1.    Buka baut yang ada dibagian samping dan bawah batok dengan obeng. Ada 3 buah baut, 2 buah baut samping kiri,kanan, dibuka dengan obeng. Dan 1 buah baut bagian dagu batok dibuka dengan kunci pas.


2.    Buka perlahan dan tarik batok dari dudukan dan kemudian cabut socket/Sambungan kabel lampu dan speedometer lihat gambar di bawah. Ingat, cabut 3 buah socket yang saya lingkari saja. Dan perhatikan letaknya untuk memasang kembali nantinya.


3.    Setelah dicabut/Batoknya telah terlepas dari motor, lalu buka baut dudukan speedometer dengan obeng dan tarik/lepaskan speedometer dari batok dengan cara melepas 2 buah kaki speedometer dan kemudian mengangkatnya ke atas. Tarik secara perlahan


4.    Setelah speedometer terlepas Ambil speedometer dan Buka 5 buah baut yang saya lingkari tanda merah di gambar dengan obeng, dan tarik tutup cover speedometer dengan perlahan dan akan terlepas. lalu pasangkan cover speedometer Batok kecil .


Gambar : Cover speedometer telah terlepas.


5. Copot/lepas Dudukan besi batok besar dari motor dan pasangkan dudukan batok kecil. Lihat gambar dibawah.

Gambar 1. Dudukan batok besar masih terpasang.


Gambar 2. Dudukan batok besar telah dilepas.


Gambar 3. Dudukan batok kecil telah terpasang.


6.   Pasangkan speedometer dan batok kecil kemotor lalu kencangkan baut.



                                        Hasil akhir :D sekarang fu sobat sudah tampil beda,


Sekian posting singkat saya semoga bermanfaat bagi sobat2 semua, dan jangan lupa komentarnya jika sobat masih ragu wassalam.

2 komentar:

  1. bingung mas.. hehehee,, tp memberikan pengetahuan tambahan tentang dunia otomotif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. mkasi komentar nya mbak ;D

      Hapus

WARNING!!
* Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan.
* Dilarang memasang link aktif di komentar.
* Dilarang spam (Spam Comment).
- Setiap komentar teman-teman akan saya hargai dan akan saya balas asalkan teman-teman berkomentar dengan baik sesuai dengan ketentuan diatas